Selasa, 11 Oktober 2011

Belanja Kerupuk Palembang

Saat saya tinggal di Memphis, Tennessee (itu loh, tempat tinggalnya raja rock and roll, Elvis Presley), tidak ada satu pun toko yang menjual bahan-bahan makanan Indonesia. Paling banter juga, ada restoran Vietnam dan Thailand, atau toko-toko yang menjual mie instan asal kedua negara tersebut (biarin saya nggak bisa baca bahasa Vietnam atau Thailand, saya tahu lah kalau tulisan kriwil itu tulisan Thailand, dan tulisan yang pendek-pendek itu tulisan Vietnam. Contoh: bahasa Vietnamnya mie instan itu Mie ngay lập tức.)

Bukan hanya makanan Indonesia saja yang absen di sono, ga ada juga tuh makanan Cina yang sudah kita take for granted di Indonesia, seperti dimsum atau lamien. Kalau mau makan dimsum, harus nyetir dulu enam jam ke Atlanta. Duh! Kalau ngidam kangkung cah ebi, tempat terdekat juga ada di Atlanta. Begitu "modernnya" Atlanta itu dibanding Memphis, sampai-sampai waktu saya dan teman-teman ke Atlanta, kita sampai berkali-kali makan di restoran Malaysia yang menyajikan masakan kangkung yang sedap itu. Mungkin pelayannya bingung ngeliat kita yang tiap hari datang, udah gitu mesannya hidangan yang itu-itu juga, makannya rakus-rakus lagi kaya ga pernah liat nasi!


Selama satu setengah tahun saya tinggal di Memphis, aduh rasanya sengsara banget deh. Kehabisan sambal, mau beli bumbu gado-gado, ato sebungkus Toblerone, kaga ada. Dulu belon ada jamannya beli bahan makanan Indonesia lewat Internet, jadi kalau saya ngidam ketoprak, misalnya, kepaksa gigit jari aja deh. Mana mungkin ya salad ala bule yang biarin disirem bumbu sesedap apapun bisa ngalahin empuknya tahu, segarnya taoge, legitnya saos kacang bercampur bawang putih dan garingnya kerupuk bawang. Aduh, maknyus! Pantesan saya dulu kurus pisan pas tinggal di sono. Sekarang saya ngerti bener kenapa mama saya kurusnya minta ampun ketika tinggal di Jerman dulu. Boro-boro makanan Thailand, nasi aja susah banget nyarinya.


Gara-gara menderita kekurangan makanan Indonesia itulah, ketika saya pergi mengunjungi teman di Los Angeles, saya "balas dendam". Di kota besar yang terletak di negara bagian California ini, banyak supermarket Asia, dari yang namanya HongKong supermarket, Asia supermarket, Hawaii supermarket, tapi favorit saya adalah yang namanya Ranch 99 Supermarket (sekarang sudah merambah ke Indonesia juga!) karena di situ ada satu aisle khusus makanan Indonesia. Haduh, sumpah saya tidak mau ke Disneyland, tidak mau ke Universal Studios, ke Hollywood demi ngeliatin Grauman's Chinese Theatre yang sering dipake premiere film-film baru, saya lebih senang bisa ngeborong segala perlengkapan makanan kering, bumbu-bumbu Indonesia balik ke Memphis!

Kecuali mungkin kalo ada yang ngajakin saya ketemu Edward Norton, saya rela deh ga makan kerupuk. Hehe!


Walhasil, gara-gara mengunjungi LA selama 3 hari saja, belanjaan saya saking banyaknya kudu ditampung satu koper lagi. Akhirnya saya terpaksa beli koper baru demi menampung kerupuk Palembang yang udah jelas guedenya minta ampun! Herannya, pas nyampe Memphis kok, rasanya makanan ini lebih enak di LA ya?


Nggak heran, sekarang setelah saya tinggal di LA, setiap kedatengan tamu orang Indonesia yang tinggal di "pedalaman" Amerika, maksud saya negara-negara bagian yang di dalam-dalam tuh, maunya ke supermarket, makan makanan Asia, minum boba. Mereka nggak mau diajak makan steak, biarpun ditraktir pula. Maunya makan lumpia, empek-empek dan otak-otak. Nggak heran, bisnis makanan Indonesia di sini laris manis. Lidah Indonesia emang nggak bisa diboongin. Saos kacang lebih enak daripada saus bistik!

1 komentar: